Subscribe:

Pages

Rabu, 03 Oktober 2012

lima tanaman herbal untuk mengontrol gula darah

macam-macam tanaman herbal yang dapat mengontrol gula darah
Manfaat Kesehatan - Gula darah kerap menyerang para orang tua yang kurang memperhatikan pola makan mereka, apalagi yang mengidap penyakit diabetes sangat dianjurkan mengontrol kadar gula dalam darah mereka, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gula darah merupakan istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.
Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.
Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.
Meskipun disebut "gula darah", selain glukosa, kita juga menemukan jenis-jenis gula lainnya, seperti fruktosa dan galaktosa. Namun demikian, hanya tingkatan glukosa yang diatur melalui insulin dan leptin.

Tidak perlu membeli obat yang sedemikian mahalnya untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi ada tanaman herbal yang mampu mengontrol gula darah, banyak orang tidak tahu akan khasiat dari tanaman herbal tersebut.

5 tanaman herbal untuk mengontrol gula darah.

 1. Pare
"Jika Anda mengalami diabetes tipe 2, Anda harus minum jus pare setiap hari. Mengonsumsi buah pahit ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah. "Baiknya diminum pagi hari," kata dr T Devarajan dari rumah sakit Apollo, di Chennai, India.

2. Fenugreek
Dibandingkan pare, rasa pahit fenugreek memang lebih rendah. Tetapi memiliki efek sama sebagai penurun kadar gula dalam darah. Anda bisa menambahkan daun atau biji fenugreek dalam masakan.

Bisa juga meminum air bekas rendamannya. "Dianjurkan merendam satu sendok teh biji fenugreek dalam segelas air selama semalam. Saring, lalu minum airnya pada pagi hari," kata dr Deepali Shastri, ahli pengobatan Ayurveda asal Mumbai.

3. Aloe Vera
Gel tanaman yang populer dengan sebutan lidah buaya ini sudah lama diandalkan sebagai obat diabetes. "Campur setengah sendok teh daun salam yang telah dihancurkan, setengah sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh alovera," kata dr Deepali.

Aduk campuran itu hingga rata dan konsumsi saat makan siang dan makan malam untuk membantu mengontrol gula darah.

4. Daun basil
"Ambil segenggam daun basil, lalu hancurkan. Campur daun yang telah dihancurkan dengan segelas air. Saring, lalu minum pada pagi hari," kata dr Deepali.

5. Daun mangga
Daun mangga juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Siapkan tiga hingga empat lembar daun mangga yang sudah dibersihkan. Diamkan selama satu malam dalam rendaman air, dan minum esok harinya.

Manfaatkesehatan.com

0 comments:

Posting Komentar

Share
Get This