Subscribe:

Pages

Senin, 10 Desember 2012

Bermain Video Game Sama Adiktifnya dengan Alkohol & Judi

Jakarta, Video game kini dapat diakses dimana saja karena dukungan teknologi seperti televisi, smartphone, tablet komputer dan gadget modern lainnya. Tetapi permainan video game diketahui memiliki sifat adiktif yang sama seperti alkohol dan perjudian.

Menurut Olivia Metcalf, peneliti dari Australian National University, Canberra tertarik untuk mengkaji perilaku seseorang yang gemar memainkan video game. Jika Anda mengalami kesulitan menghentikan aktivitas bermain game dan tidak dapat berhenti memikirkan hal tersebut saat melakukan aktivitas lainnya, Anda mungkin telah kecanduan bermain game.
Bahkan kecanduan tersebut mirip seperti fenomena kecanduan biasa yang ditemukan pada pengguna narkoba, peminum minuman beralkohol atau penjudi.

"Kecanduan ini tidak terjadi semata-mata karena aktivitas yang terus menerus dilulangi, tetapi disebabkan karena perubahan yang terjadi dalam sistem perhatian di otak," kata Metcalf, seperti dilansir medindia, Senin (10/12/2012).

Banyak orang yang menggemari video game secara berlebihan, tidak menyadari masalah yang mendasari. Memahami akar masalah dari kondisi diri sendiri adalah langkah pertama untuk mengembangkan pengobatan dan terapi bagi individu yang kecanduan suatu hal untuk mencoba dan memilah-milah masalahnya.

Metcalf menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil dari pecandu game yang mengalami konsekuensi negatif seperti ketidakmampuan untuk fokus pada pekerjaan atau kegiatan sekolah, sulit tidur, mengabaikan diet dan mengembangkan ketidakmampuan untuk menghentikan permainan ketika bermain video game.

Tujuan dari penelitian ini adalah bukan melarang seseorang bermain game, tetapi untuk membantu orang yang telah kecanduan game agar mampu melepaskan diri dari kondisi yang membelenggunya tersebut. Seorang pecandu game akan lebih mudah meninggalkan kebiasaannya tersebut jika dirinya benar-benar memahami bahwa kebiasaannya tersebut telah berlebihan.

Linda Mayasari - detikHealth

(nvt/nvt)

0 comments:

Posting Komentar

Share
Get This